Penjelasan Air Sadah

soap scum (buih/sampah sabun) akibat penggunaan air sadah dengan sabun

Pernahkah Anda mendengar istilah kesadahan air/kesadahan air? Apakah sebenarnya arti istilah tersebut? Sederhananya, definisi dari kesadahan air adalah jumlah kalsium dan magnesium terlarut dalam air. Air sadah adalah air yg memiliki banyak kandungan mineral tadi terlarut padanya. Kesadahan tersebut dapat dirasakan pada kulitmu. Ketika kamu mencuci tangan menggunakan air sadah dan sabun, sabun tersebut akan beraksi dgn kalsium membentuk buih sabun. Sehingga, semakin sadah air yg kamu pakai, tentu semakin banyak sabun atau deterjen yg dibutuhkan agar apa yg kamu cuci bersih. Namun bukan berarti air yg terlalu lunak juga bagus, karena air tersebut akan terasa licin di tangan.

Air sadah juga memiliki beberapa keuntungan. Manusia membutuhkan mineral untuk tetap sehat. National Research Council (National Academy of Sciences) menyatakan bahwa meminum air sadah secara umum memberikan kontribusi sedikit terhadap total kalsium dan magnesium yg dibutuhkan oleh manusia.

Mengukur Kesadahan Air
Kesadahan disebabkan oleh senyawa kalsium dan magnesium, dan berbagai logam lainnya. Garis besarnya, klasifikasi air menurut kadar mineralnya adalah:
air lunak → 0-60 mg/L
air sedikit sadah → 60-120 mg/L
air sadah → 121-180 mg/L
air sangat sadah → >180 mg/L

0 Response to " Penjelasan Air Sadah "

Posting Komentar

Toko Peralatan Laboratorium